Inilah Tips Ampuh Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

BERBAGI

Cara Ampuh Mengatasi Susah Tidur atau InsomniaInsomnia adalah salah satu jenis penyakit yang biasanya sering menyerang kelompok Remaja, tapi tidak menutup kemungkinan kelompok usia dewasa juga mengalami hal semacam ini. Penyakit susah tidur atau biasa dikenal dengan sebutan insomnia ini memang memiliki dampak kelelahan pada penderinya, dan bahkan sejumlah penelitian terkini mengatakan bahwa insomnia juga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung.

Dalam jurnal circulation sejumlah penderita insomnia memiliki resiko serangan jantung 27-40% lebih tinggi daripada orang yang tidurnya normal.
“Kami belum tahu pasti seberapa besar efek dari gangguan tidur itu, juga berapa lama kondisi insomnia yang bisa berujung pada penyakit jantung,” kata Suzanne Steinbaum, seorang kardiolog di Rumah Sakit Lenox Hill yang ikut dalam penelitian tersebut, kepada majalah TIME. “Yang bisa kami pastikan adalah itu memang ada hubungannya.”

Insomnia sendiri umumnya terjadi akibat sang penderita mengalami gangguan mental seperti kecemasan, depresi yang mengakibatkan was was , khawatir, dan mengganggu tidur, dan bahkan tidak bisa tidur. Untuk mengatasi hal semacam ini atur sirkulasi napas, tenangkan pikiran dengan musik, ada baiknya tenangkan dengan murothal (Mp3 Qur’an). Hal ini akan membuat tubuh lebih rileks dan memudahkan proses tidur.

Selain gangguan mental, Penurunan asam atau Gastro-esophageal Reflux Disease (GERD) juga bisa menyebabkan seseorang mengalami insomnia. GERD sendiri merupakan gangguan saluran penceranaan yang umum terjadi. Loh apa hubungannya saluran pencernaan dengan susah tidur? Ya, karena GERD ini bisa membuat jantung atau dada terasa terbakar. Waktu puncak poduksi asam yakni pada pukul 22.00-02.00. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya untuk menghindari makan yang terlalu dekat dengan jam tidur. Pasalnya, jika asam membuat tubuh terasa terbakar maka sulit tidur bisa menyerang Anda. Untuk menghindarinya, lebih baik sang penderita menghindari makan yang terlalu dekat dengan jam tidur. Pasalnya, jika asam membuat tubuh terasa terbakar maka sulit tidur bisa menyerang Anda.

Diabetes juga bisa menyebabkan insomnia, karena Diabetes akan membuat penderitanya sering buang air kecil. Hal inilah yang sering membuat terbangun di malam hari. Ada baiknya untuk buang air kecil sebelum pergi tidur. Dan, hndari terlalu banyak minum saat beberapa jam sebelum tidur.

Diluar dari penyebab dan cara mengatasi insomnia diatas, ada tips yang perlu kalian catat untuk mengatasi insomnia yang umum terjadi. Simak tips berikut ini :

  1.  Hindari Cahaya Saat Tidur. Cahaya memang sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya, dan tidak adanya cahaya akan mendorong proses produksinya. Tips: Matikan Lampu pada saat hendak tidur satu jam sebelum tidur. Karena biasanya suasana gelap bisa memudahkan mata untuk terpejam dengan tenang.
  2. Hindari Kafein 9 Jam Sebelum Tidur. Kopi di pagi hari bagus untuk sebagian orang. Namun saat menjelang waktu tidur, Anda perlu menghindari untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kurangi juga dalam mengonsumsi coklat, cola, teh ataupun kopi tanpa kafein sekalipun.Tips: pain killers dan juga pil penurun badan juga mengandung kafein, jadi Anda juga harus menghindarinya.
  3. Olahraga Teratur. Olahraga yang teratur telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, selama Anda melakukannya tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Energi yang Anda dapatkan setelah olahraga dapat membuat Anda tetap terjaga. Beri jarak antara Anda selesai berolahraga dengan waktu tidur antara 3-4 jam.Tips: olahraga atau latihan ringan seperti yoga, tai chi, dan latihan-latihan serupa boleh dilakukan sebelum tidur.
  4. Relaksasikan Pikiran Anda Sebelum Tidur. Redakan emosi dan juga pikiran Anda sekitar satu jam sebelum tidur. Bacalah sesuatu yang ringan, mendengarkan musik, atau mandi air hangat untuk menenangkan pikiran Anda.Tips: Ritual ini juga dapat dilakukan 10 menit sebelum tidur ketika waktu tidur Anda semakin sempit.
  5. Gunakan Bantal Untuk Meringankan Nyeri Punggung. Nyeri punggung ringan mungkin tidak akan membangunkan tidur, tetapi akan sangat mengganggu tidur nyenyak Anda.Tips: meletakkan sebuah bantal kecil di antara kedua kaki Anda saat tidur , gunanya untuk menyejajarkan pinggul dan mengurangi nyeri di bagian punggung. Saat tidur telentang, letakkan bantal kecil di bawah kedua lutut Anda untuk mengurangi nyeri punggung saat malam hari.
  6. Tempatkan Leher di Posisi yang Netral. Jika Anda bangun tidur dengan leher kaku, salahkan bantal Anda! Terkadang Anda menggunakan bantal yang terlalu tebal atau yang terlalu tipis. Bantal Anda harus berukuran tepat untuk mendukung leher Anda dalam posisi netral. Untuk tidur menyamping, hidung Anda harus sejajar dengan pusat tubuh Anda. Hindari tidur dengan posisi telungkup, karena justru akan melilitkan leher Anda.
  7. Atur Jadwal Tidur. Aturlah agar jadwal pergi dan bangun tidur Anda sama di setiap harinya, termasuk juga akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat tubuh dan otak Anda tetap pada siklus bangun dan pergi tidur yang sehat. Pada waktunya, Anda akan dapat jatuh tertidur dengan nyenyak sepanjang malam. Tips: Dapatkan cahaya yang terang selama 5 sampai 30 menit segera mungkin setelah Anda bangun tidur. Cahaya adalah regulator terkuat untuk membangunkan Anda dari tidur.
  8. Cobalah untuk meningkatkan aktivitas Anda di siang hari. Dengan lebih aktif di siang hari, Anda akan lebih mudah untuk terlelap di malam hari. Tentu saja, untuk mengatasi insomnia, jenis aktifitas yang dibutuhkan adalah aktifitas fisik. Peredaran darah akan lebih lancar dan tubuh akan membutuhkan istrirahat.

Nah itu dia sejumput tips dan penyebab insomnia dari saya, bagi anda yang ingin juga mengalami gangguan susah tidur, atau keluarga anda. Anda bisa mencoba tips diatas. Perlu kalian catat tidur yang teratur akan meningkatkan kebugaran anda, dan menyehatkan tubuh. Sayangi diri Anda dan jaga kesehatan Anda. 😀

4 KOMENTAR

  1. kebetulan sekali saya sudah mengalami gangguan susah tidur ini.. benar-benar sangat mengganggu, bahkan alam saya sudah terbalik.. semoga artikel ini dapat membantu saya menghilangkan masalah ini.. terima kasih sudah berbagi..

    • amiin, semoga penyakit terkutuk itu bisa segera sembuh yaa 🙂 , jangan lupa pola hidup harus diatur sebaik mungkin

LEAVE A REPLY