Resiko Osteoporosis Bagi Menopause dan Remaja yang Hamil Usia Dini

BERBAGI

Cegah-Osteoporosis1

Resiko Osteoporosis Bagi Menopause dan Remaja yang Hamil Usia Dini – Osteoporosis atau penyakit tulang keropos biasanya menyerang manusia pada usia menopause atau usia lanjut , namun tidak menutup kemungkinan kelompok usia muda juga mengalami osteoporosis. Karena remaja yang mengalami hamil pada usia dini ini juga sangat beresiko terkena Osteoporosis. biasanya bagi seorang wanita usia kehamilan yang ideal berada pada rentang umur 20-35 tahun.

Sekitar 40% massa tulang wanita dewasa dibentuk selama remaja. Kepadatan tulang mengalami penurunan selama kehamilan karena kalsium banyak diserap oleh janin. Untuk itu remaja yang berusia
Remaja sekitar 18 tahun kebawah yang sudah mengalami kehamilan sangat rentan terhadap osteoporosis.

Riset menunjukkan
laju osteoporosis pada ibu yang melahirkan pertama kali saat remaja usia 18 tahun sebesar 62,4% dan pada ibu yang melahirkan pertama kali saat berusia 24 tahun atau setelah melewati masa remaja sebesar 35,8%. Tingkat risiko patah tulang pada kedua kelompok masing-masing sebesar 5,4% dan 2,2%.

Selain penyebab kehamilan usia dini survey menunjukkan rata – rata orang Indonesia cenderung memiliki gaya hidup yang statis, jarang melakukan gerak tubuh seperti duduk terus menerus rata-rata 7 jam sehari di hari kerja dan 5 jam sehari pada akhir pekan.

Riset itu juga menyebutkan bahwa dengan gaya hidup statis tersebut, rata-rata perempuan Indonesia tidak mengimbanginya dengan olahraga rutin dan mengasup nutrisi seimbang.

Hanya 14% perempuan yang berolahraga secara rutin setiap hari dan 51% perempuan mengaku tidak mengonsumsi produk kaya kalsium setiap hari. Hal tersebut bisa disimpulkan bahwa perempuan Indonesia masih belum memiliki pengetahuan serta gaya hidup yang bisa menjadi contoh keluarga. Wajar saja jika hampir sebagian perempuan Indonesia memiliki
resiko mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis ini.

Untuk mengurangi resiko osteoporosis ini banyak langkah yang bisa kita ambil sedini mungkin. Pencegahan osteoporosis ini bisa dilakukan sejak umur 20 tahun. Dan berikut langkah yang bisa kalian lakukan untuk
mencegah osteoporosis :

Jangan Malas Bergerak
Artinya untuk menghindari resiko osteoporosis kita harus rajin berolah raga. Bagi kalian yang memiliki aktivitas dikantor dan biasanya jarang bergerak karena harus melulu mengerjakan pekerjaan di depan computer, usahakan untuk berolah raga di pagi hari, karena olah raga di pagi hari kita bisa mendapatkan vitamin D yang sangat penting untuk tulang kita.

Rajin minum Susu
Susu mengandung banyak kalsium yang bisa membantu memperkuat tulang, dan menyehatkan tulang anda.

Mengkontrol Berat Badan
Obesitas merupakan sarang penyakit dan salah satunya bisa berdampak penyakit osteoporosis. Maka dari itu seringlah mengecek berat badan anda, agar tetap stabil dan normal.

Hindari Minuman berkafein, soda , dan Alkohol
Bayaha minum – minuman tersebut memang sangat berhubungan dengan tulang, karena jika anda terus mengkonsumsi minuman berkafein, bersoda, dan beralkohol, secara tidak langsung kandungan minuman tersebut akan mengeblok zat – zat kalsium yang akan menutrisi tulang itu sendiri. Maka dari itu hindari minuman tersebut.

Bagi Remaja Tunda kehamilan dini
Remaja yang berumur 18 kebawah memang sangat rentan terhadap osteoporosis, untuk itu bagi kalian yang menikah muda usahakan untuk tidak hamil pada usia dibawah 18 tahun. Karena selain osteoporosis Kehamilan usia dini juga bisa menyebabkan cancer serfiks .

Diluar dari cara pencegahan diatas gaya hidup sehat juga penting untuk tulang anda. Sayangi hidup anda jangan biarkan tulang anda tergrogoti. Siapa suka hidup sehat? Hidup sehat itu tidak mahal , yang mahal itu mengobati diri kita agar kembali sehat. Semoga anda diberi kesehatan selalu. Salam Hidup Sehat. 😉

LEAVE A REPLY